Modul Belajar Mandiri Materi PEDAGOGI Lengkap (Persiapan Tes PPPK 2022)

Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci  keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten  membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima. 

Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen utama dalam pendidikan sehingga menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).


Seleksi Guru P3K dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). 

Pembukaan seleksi untuk menjadi guru P3K adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Pemerintah membuka kesempatan bagi: 1). Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori duayang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya. 2). Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Seleksi guru P3K kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana padatahun sebelumnya formasi untuk guru P3K terbatas. Sedangkan pada tahun 2022 semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi. 

Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru P3K hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Untuk mempersiapkan calon guru P3K siap dalam melaksanakan seleksi guru P3K, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru P3K secara mandiri. 

Bagi rekan rekan Guru yang membutuhkan Materi PEDAGOGI lengkpa, silakan akses dibawah ini :



Dalam mempersiapkan calon guru P3K siap dalam melaksanakan seleksi guru P3K, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru P3K secara mandiri. Modul akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi, modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru P3K tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya, upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas lulusan guru P3K melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul bahan belajar mandiri. 

Daftar Pustaka
Isniatun Munawaroh, (2019). Modul 1. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Modul 
Pendidikan Profesi Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga 
Kependidikan.
Yoki Ariyana, Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, Prof. Dr. Zamroni, Ph.D. (2019). Buku 
Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat 
Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Abdul Kodir, Indrawati, Irman Yusron, (2018). Modul Pengembangan Keprofesian 
Berkelanjutan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah 
Menengah Pertama (SMP) - Kelompok Kompetensi H Pedagogi: 
Komunikasi Efektif. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Wiwik Setiawati, Oktavia Asmira, Yoki Ariyana, Reisky Bestary, Ari Pudjiastuti,
(2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat 
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Elly Herliani, Euis Heryati (2019). Modul Pengembangan Keprofesian 
Berkelanjutan Sekolah Dasar (SD) Kelas Tinggi - Kelompok Kompetensi A 
Pedagogi: Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik. 
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan


Post a Comment

Previous Post Next Post