Membuat Media Pembelajaran Sesuai Kondisi Di Kurikulum Merdeka

Hallo sobat guru semuanya !

Mari kita mengeal media pembelajaran yang bisa digunakan di kelas dalam berbagai kondisi.

sebelumnya apa itu media pembelaajran ? yups media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar.

Dasar Pengunaan Media :

  1. Berfikir secara intuitif + 4 Tahun
  2. Berfikir secara konkrit + 7 Tahun
  3. Beropsareasi secara mandiri resmi + 11 Tahun
Manfaat Media Pembelajaran :

  1. Mengajar akan menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
  2. Makna materi pelajaran akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa siswa, dan memungkinkan siswa untuk lebih menguasai tujuan pembelajaran
  3. Metode pengajaran akan lebih bervariasi, tidak hanya narasi verbal melalui kata-kata guru. Agar siswa tidak bosan, dan guru jangan sampai kehabisan tenaga apalagi saat guru mengajar setiap pelajaran
  4. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, karena tidak hanya mendengarkan deskripsi guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan.
Sebagai Motivasi dan rangsangan yaitu mencakup :

  • Fungsi kognitif dapat memperoleh temuan-temuan informasi dari media tersebut.
  • Fungsi kompensatoris memberikan konteks untuk membantu siswa memahami bahan
Macam macam media pembelajaran :

  1. Media audio bahan/alat yang mengandung pesan dalam bentuk auditif, yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar - mengajar.
  2. Media audio visual media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat)
Kelebihan dan kekurangan media audio 

Kelebihan :

  1. Jangkauannya sangat luas.
  2. Baik untuk mengembangkan imajinasi peserta didik.
  3. Peserta didik lebih memusatkan perhatian terhadap kata, kalimat, atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.
Kekurangan :

  1. Sifat komunikasinya hanya satu arah.
  2. Jika medianya monoton akan lebih cepat membosankan peserta didik untuk mendengarkannya.
Kelebihan dan kekurangan media audio visual 

Kelebihan :

  1.  Dapat menarik perhatian untuk periode- periode yang singkat dari rangsangan lainnya.
  2. Dengan audio visual sejumlah besar peserta didik dapat memperoleh informasi dari ahli- ahli/ spesialis.
  3. Demonstrasi yang sulit bisa dipersiapkan dan direkam sebelumnya, sehingga dalam waktu mengajar guru dapat memusatkan perhatian dan penyajiannya.
Kekurangan :
  1. Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
  2. Sifat komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik yang lain.
  3. Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna
Pemanfaatan media audio untuk generasi Z diantaranya :




Pemanfaatan media audio visual untuk generasi milenial atau z :




Media dan alat yang digunakan :



Tips pemilihan media pembelajaran :
  1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
  3. Media pembelajaran harus praktis, luwes, dan bertahan.
  4. Guru terampil menggunakannya.
  5. Media pembelajaran dibuat dengan menyesuaikan kelompok sasaran. karena media untuk kelompok besar belum tentu cocok digunakan untuk kelompok kecil.
  6. Mutu teknis. Kualitas visual dari media harus jelas dan rapi, tidak boleh terganggu oleh elemen lainnya misalnya dalam backsound, background, dll


Alasan media pembelajaran sebagai salahsatu inovasi Guru :
  1. Keterlibatan siswa di dalam kelas menjadi suatu masalah terbesar dalam dunia pendidikan. Ruang kelas biasa, dirasa cukup sulit untuk membuat siswa tetap fokus dengan materi yang diberikan. Hal ini dikarenakan pengajar tidak mengetahui apa yang sebenarnya membuat siswa tetap tertarik dengan kelas. Salah satu solusinya dengan memanfaatkan media
  2. Ketika siswa terdistraksi, ia pun tidak bisa mengulang kembali materi yang terlewat. Dengan inovasi berupa media, siswa dapat belajar dari manapun asal terkoneksi dengan internet ataupun tidak terkoneksi. Siswa juga dapat bebas bertanya tanpa harus merasa malu dengan teman-teman di kelas.


Post a Comment

Previous Post Next Post