MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA IPS KELAS 8 FASE D TEMA : SOSIALISASI

MODUL AJAR

IPS KELAS 8 FASE D

TEMA : SOSIALISASI





Identitas Penulis

  • Nama: Erwan Dimantara, SE
  • Jabatan: Guru IPS
  • Sekolah: SMPN 5 Banjarwangi
  • Kelas: 8
  • Semester: 1
  • Tahun Ajaran: 2024
  • Tema: Konsep Sosialisasi
  • Alokasi Waktu: 2 JP (90 menit)

Kompetensi Awal dan Pemahaman Awal

  • Kompetensi Awal: Peserta didik diharapkan telah memahami konsep interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pemahaman Awal: Peserta didik diharapkan dapat memberikan contoh interaksi sosial yang pernah mereka alami.

Profil Pelajar Pancasila

  • Berkebinekaan Global: Konsep sosialisasi sangat erat kaitannya dengan keberagaman budaya dan sosial.
  • Bernalar Kritis: Peserta didik diajak untuk menganalisis berbagai bentuk sosialisasi dan dampaknya.
  • Kreatif: Peserta didik akan menciptakan produk pembelajaran yang menunjukkan pemahaman mereka tentang sosialisasi.

Sarana dan Prasarana

  • Buku teks IPS kelas 8
  • Laptop/komputer
  • Proyektor
  • Lembar kerja peserta didik
  • Alat tulis
  • Sumber belajar lainnya (video, gambar, artikel)

Target Peserta Didik

  • Seluruh siswa kelas 8 SMPN 5 Banjarwangi

Model Pembelajaran

  • Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
    • Alasan: Model ini memungkinkan siswa untuk secara aktif mencari solusi atas masalah yang relevan dengan kehidupan mereka.

Tujuan Pembelajaran

  • Menjelaskan pengertian sosialisasi.
  • Mengidentifikasi berbagai agen sosialisasi.
  • Menguraikan bentuk-bentuk sosialisasi.
  • Menjelaskan manfaat sosialisasi bagi individu dan masyarakat.

Asesmen Penilaian

  • Sikap: Diamati melalui partisipasi dalam diskusi kelompok, sikap menghargai pendapat teman, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
  • Pengetahuan: Diukur melalui tes tertulis (esai singkat) dan presentasi kelompok.
  • Keterampilan: Dinilai melalui kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan menyelesaikan masalah.

Pemahaman Bermakna

  • Peserta didik dapat menghubungkan konsep sosialisasi dengan pengalaman hidup sehari-hari.
  • Peserta didik menyadari pentingnya sosialisasi dalam membentuk identitas diri dan hubungan sosial.

Materi/Bahan Ajar

Sosialisasi: Proses Menjadi Anggota Masyarakat

Sosialisasi adalah proses belajar dan adaptasi individu terhadap nilai-nilai, norma, dan pola perilaku yang berlaku di dalam masyarakat. Melalui sosialisasi, kita belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, berperilaku sesuai dengan aturan sosial, dan mengembangkan identitas diri.

Elemen Penting dalam Sosialisasi:

  • Agen Sosialisasi: Individu atau lembaga yang berperan dalam proses sosialisasi, seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, media massa, dan agama.
  • Proses Sosialisasi: Terjadi secara terus-menerus sepanjang hidup dan melibatkan berbagai bentuk interaksi sosial.
  • Hasil Sosialisasi: Terbentuknya kepribadian, nilai, dan peran sosial individu.

Bentuk-Bentuk Sosialisasi:

  • Sosialisasi Primer: Proses sosialisasi awal yang terjadi dalam keluarga.
  • Sosialisasi Sekunder: Proses sosialisasi yang terjadi di luar keluarga, seperti di sekolah, tempat kerja, dan komunitas.
  • Resosialisasi: Proses belajar kembali norma dan nilai baru untuk menyesuaikan diri dengan situasi sosial yang baru.

Manfaat Sosialisasi:

  • Membentuk kepribadian yang sehat.
  • Membantu individu beradaptasi dengan lingkungan sosial.
  • Memperkuat hubungan sosial.
  • Menjaga kelangsungan hidup masyarakat.

Pertanyaan Pemantik

  • Apa yang kamu ketahui tentang sosialisasi?
  • Siapa saja yang berperan dalam proses sosialisasi kamu?
  • Bagaimana cara kamu belajar berperilaku sesuai dengan aturan di sekolah?
  • Mengapa sosialisasi itu penting?

Kegiatan Pembelajaran (Model PBL)

Pertemuan 1 (90 menit)

  1. Pengenalan Masalah (15 menit):

    • Guru mengajukan pertanyaan pemantik dan mengajak siswa berdiskusi tentang pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan orang lain.
    • Guru menyampaikan masalah: "Mengapa kita perlu belajar berinteraksi dengan orang lain dan mengikuti aturan sosial?"
  2. Menganalisis Masalah (20 menit):

    • Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan masalah dan mencari informasi terkait sosialisasi.
    • Setiap kelompok membuat daftar pertanyaan yang ingin dijawab.
  3. Merumuskan Hipotesis (15 menit):

    • Setiap kelompok merumuskan hipotesis tentang pentingnya sosialisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi.
  4. Mengumpulkan Data (20 menit):

    • Siswa mencari informasi dari berbagai sumber (buku, internet, wawancara) untuk mendukung hipotesis mereka.
  5. Mempresentasikan Hasil (20 menit):

    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka.

Refleksi Peserta Didik dan Pendidik

  • Peserta Didik: Apa yang telah saya pelajari hari ini? Apa yang paling menarik bagi saya? Apa kesulitan yang saya hadapi?
  • Pendidik: Apakah tujuan pembelajaran tercapai? Apakah siswa aktif terlibat dalam kegiatan? Apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan berikutnya?

Post a Comment

Previous Post Next Post