MODUL AJAR
IPS KELAS 8 FASE D
TEMA : SOSIALISASI
Identitas Penulis
- Nama: Erwan Dimantara, SE
- Jabatan: Guru IPS
- Sekolah: SMPN 5 Banjarwangi
- Kelas: 8
- Semester: 1
- Tahun Ajaran: 2024
- Tema: Konsep Sosialisasi
- Alokasi Waktu: 2 JP (90 menit)
Kompetensi Awal dan Pemahaman Awal
- Kompetensi Awal: Peserta didik diharapkan telah memahami konsep interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.
- Pemahaman Awal: Peserta didik diharapkan dapat memberikan contoh interaksi sosial yang pernah mereka alami.
Profil Pelajar Pancasila
- Berkebinekaan Global: Konsep sosialisasi sangat erat kaitannya dengan keberagaman budaya dan sosial.
- Bernalar Kritis: Peserta didik diajak untuk menganalisis berbagai bentuk sosialisasi dan dampaknya.
- Kreatif: Peserta didik akan menciptakan produk pembelajaran yang menunjukkan pemahaman mereka tentang sosialisasi.
Sarana dan Prasarana
- Buku teks IPS kelas 8
- Laptop/komputer
- Proyektor
- Lembar kerja peserta didik
- Alat tulis
- Sumber belajar lainnya (video, gambar, artikel)
Target Peserta Didik
- Seluruh siswa kelas 8 SMPN 5 Banjarwangi
Model Pembelajaran
- Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
- Alasan: Model ini memungkinkan siswa untuk secara aktif mencari solusi atas masalah yang relevan dengan kehidupan mereka.
Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian sosialisasi.
- Mengidentifikasi berbagai agen sosialisasi.
- Menguraikan bentuk-bentuk sosialisasi.
- Menjelaskan manfaat sosialisasi bagi individu dan masyarakat.
Asesmen Penilaian
- Sikap: Diamati melalui partisipasi dalam diskusi kelompok, sikap menghargai pendapat teman, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan: Diukur melalui tes tertulis (esai singkat) dan presentasi kelompok.
- Keterampilan: Dinilai melalui kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan menyelesaikan masalah.
Pemahaman Bermakna
- Peserta didik dapat menghubungkan konsep sosialisasi dengan pengalaman hidup sehari-hari.
- Peserta didik menyadari pentingnya sosialisasi dalam membentuk identitas diri dan hubungan sosial.
Materi/Bahan Ajar
Sosialisasi: Proses Menjadi Anggota Masyarakat
Sosialisasi adalah proses belajar dan adaptasi individu terhadap nilai-nilai, norma, dan pola perilaku yang berlaku di dalam masyarakat. Melalui sosialisasi, kita belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, berperilaku sesuai dengan aturan sosial, dan mengembangkan identitas diri.
Elemen Penting dalam Sosialisasi:
- Agen Sosialisasi: Individu atau lembaga yang berperan dalam proses sosialisasi, seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, media massa, dan agama.
- Proses Sosialisasi: Terjadi secara terus-menerus sepanjang hidup dan melibatkan berbagai bentuk interaksi sosial.
- Hasil Sosialisasi: Terbentuknya kepribadian, nilai, dan peran sosial individu.
Bentuk-Bentuk Sosialisasi:
- Sosialisasi Primer: Proses sosialisasi awal yang terjadi dalam keluarga.
- Sosialisasi Sekunder: Proses sosialisasi yang terjadi di luar keluarga, seperti di sekolah, tempat kerja, dan komunitas.
- Resosialisasi: Proses belajar kembali norma dan nilai baru untuk menyesuaikan diri dengan situasi sosial yang baru.
Manfaat Sosialisasi:
- Membentuk kepribadian yang sehat.
- Membantu individu beradaptasi dengan lingkungan sosial.
- Memperkuat hubungan sosial.
- Menjaga kelangsungan hidup masyarakat.
Pertanyaan Pemantik
- Apa yang kamu ketahui tentang sosialisasi?
- Siapa saja yang berperan dalam proses sosialisasi kamu?
- Bagaimana cara kamu belajar berperilaku sesuai dengan aturan di sekolah?
- Mengapa sosialisasi itu penting?
Kegiatan Pembelajaran (Model PBL)
Pertemuan 1 (90 menit)
-
Pengenalan Masalah (15 menit):
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik dan mengajak siswa berdiskusi tentang pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan orang lain.
- Guru menyampaikan masalah: "Mengapa kita perlu belajar berinteraksi dengan orang lain dan mengikuti aturan sosial?"
-
Menganalisis Masalah (20 menit):
- Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan masalah dan mencari informasi terkait sosialisasi.
- Setiap kelompok membuat daftar pertanyaan yang ingin dijawab.
-
Merumuskan Hipotesis (15 menit):
- Setiap kelompok merumuskan hipotesis tentang pentingnya sosialisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi.
-
Mengumpulkan Data (20 menit):
- Siswa mencari informasi dari berbagai sumber (buku, internet, wawancara) untuk mendukung hipotesis mereka.
-
Mempresentasikan Hasil (20 menit):
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka.
Refleksi Peserta Didik dan Pendidik
- Peserta Didik: Apa yang telah saya pelajari hari ini? Apa yang paling menarik bagi saya? Apa kesulitan yang saya hadapi?
- Pendidik: Apakah tujuan pembelajaran tercapai? Apakah siswa aktif terlibat dalam kegiatan? Apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan berikutnya?
Tags:
IPS