20 Contoh Soal Situational Judgment Tests (SJT)

Situational Judgment Tests (SJT) seringkali dikembangkan khusus untuk situasi dan konteks tertentu. Namun, berikut adalah contoh-contoh umum yang dapat digunakan sebagai latihan :




**Contoh Soal:**

1. **Situasi:** Anda adalah seorang guru, dan seorang siswa terus-menerus terlambat ke kelas. Bagaimana Anda menangani situasi ini?

   **Pilihan Jawaban:**

   a. Saya akan mengabaikannya karena terlambat adalah masalah pribadi siswa.

   b. Saya akan berbicara dengan siswa tersebut dan mencoba mencari tahu alasan keterlambatannya.

   c. Saya akan memberikan hukuman kepada siswa tersebut untuk mengajarkannya sebuah pelajaran.


2. **Situasi:** Anda melihat dua siswa saling berdebat dengan keras di luar kelas. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

   **Pilihan Jawaban:**

   a. Saya akan mengabaikannya dan membiarkan mereka menyelesaikannya sendiri.

   b. Saya akan segera mendekati mereka dan mencoba memediasi konflik mereka.

   c. Saya akan memberi tahu mereka untuk pergi ke kantor kepala sekolah.


3. **Situasi:** Seorang siswa berulang kali tidak menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

   **Pilihan Jawaban:**

   a. Saya akan membiarkannya tidak menyelesaikan pekerjaan rumahnya tanpa konsekuensi.

   b. Saya akan berbicara dengan siswa tersebut untuk memahami alasan di balik perilakunya dan memberikan bantuan jika diperlukan.

   c. Saya akan memberi hukuman kepada siswa tersebut sebagai peringatan.


4. **Situasi:** Anda menerima keluhan dari seorang orangtua yang merasa tidak puas dengan perkembangan akademis anaknya. Bagaimana Anda akan menangani keluhan ini?

   **Pilihan Jawaban:**

   a. Saya akan mengabaikan keluhan tersebut karena orangtua tidak boleh campur tangan dalam pendidikan anak-anak.

   b. Saya akan menjadwalkan pertemuan dengan orangtua tersebut untuk mendengarkan keluhannya dan bekerja sama mencari solusi.

   c. Saya akan mengabaikan keluhan tersebut dan terus melanjutkan pengajaran seperti biasa.


5. **Situasi:** Seorang siswa dengan kebutuhan khusus bergabung dengan kelas Anda. Bagaimana Anda akan memastikan siswa ini menerima pendidikan yang sesuai?

   **Pilihan Jawaban:**

   a. Saya akan mengabaikan kebutuhan khusus siswa tersebut karena saya tidak tahu bagaimana menanganinya.

   b. Saya akan mencari sumber daya dan dukungan yang diperlukan untuk membantu siswa tersebut dalam pembelajarannya.

   c. Saya akan meminta siswa tersebut untuk mencari bantuan dari siswa lain dalam kelas.


Perlu diingat bahwa jawaban yang benar tergantung pada kebijakan sekolah, etika profesional, dan praktik terbaik dalam pendidikan. Dalam contoh-contoh ini, jawaban terbaik mungkin berbeda-beda tergantung pada situasi dan aturan sekolah yang berlaku.

Contoh Soal 1:

Situasi: Anda sedang mengajar kelas 4, dan satu siswa terus-menerus mengganggu teman-temannya. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

Pilihan Jawaban:

a. Saya akan mengabaikan perilaku siswa tersebut karena dia mungkin hanya mencari perhatian.

b. Saya akan berbicara secara pribadi dengan siswa tersebut dan mencoba memahami alasan di balik perilakunya.

c. Saya akan langsung menghukum siswa tersebut untuk memberikan contoh bagi siswa lain.

Contoh Soal 2:

Situasi: Seorang orangtua marah karena anaknya mendapat nilai rendah dalam ujian. Orangtua tersebut mengklaim bahwa Anda tidak mengajar dengan baik. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

Pilihan Jawaban:

a. Saya akan membiarkan orangtua tersebut marah dan pergi.

b. Saya akan menjadwalkan pertemuan dengan orangtua tersebut untuk berbicara mengenai perkembangan anaknya dan memberikan penjelasan mengenai metode pengajaran saya.

c. Saya akan mengabaikan keluhan orangtua tersebut dan tidak memberikan tanggapan.

Contoh Soal 3:

Situasi: Anda telah merencanakan sebuah proyek pembelajaran yang melibatkan kolaborasi antara siswa. Namun, ada seorang siswa yang sering menolak berpartisipasi dan mengganggu kelompoknya. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

Pilihan Jawaban:

a. Saya akan membiarkan siswa tersebut tetap berperilaku seperti itu karena saya tidak ingin konflik.

b. Saya akan berbicara dengan siswa tersebut secara pribadi, mencari tahu alasan perilakunya, dan mencoba membantu siswa tersebut berpartisipasi dengan baik.

c. Saya akan mengeluarkan siswa tersebut dari proyek.

Contoh Soal 4:

Situasi: Anda menyadari bahwa ada ketidaksetaraan dalam perlakuan terhadap siswa berdasarkan latar belakang etnisnya dalam kelas Anda. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

Pilihan Jawaban:

a. Saya akan mengabaikan masalah ini karena saya tidak ingin menciptakan ketegangan dalam kelas.

b. Saya akan merencanakan kegiatan yang mempromosikan keragaman dan mengadakan pembicaraan terbuka dengan siswa-siswa mengenai ketidaksetaraan ini.

c. Saya akan menganggap ini bukan masalah saya untuk diatasi.

Harap diingat bahwa jawaban terbaik tergantung pada prinsip-prinsip etika profesional, kebijakan sekolah, dan praktik terbaik dalam pendidikan. Tujuan dari SJT adalah mengidentifikasi calon guru yang memiliki kemampuan untuk menghadapi situasi-situasi tersebut dengan bijak dan efektif.


Post a Comment

Previous Post Next Post